Rabu, 10 Desember 2014

Netiquette

III. Internet

5. Dalam menggunakan internet untuk bersosialisasi dengan orang lain perlu diperhatikan netiquete. Sebut dan jelaskan beberapa hal dari netiquete

...

Netiquette merupakan Etika dalam menggunakan Internet. Internet sebagai sebuah kumpulan komunitas, diperlukan aturan yang akan menjadi acuan orang-orang sebagai pengguna Internet, dimana aturan ini menyangkut batasan dan cara yang terbaik dalam memanfaatkan fasilitas Internet.
Sebenarnya Nettiquette in adalah hal yang umum dan biasa, sama hal nya dengan aturan-aturan biasa ketika kita memasuki komunitas umum dimana informasi sangat banyak dan terbuka.
Beberapa aturan yang ada pada Nettiquete ini adalah: 

  1. Reply cepat.

    Apabila membalas sebuah topik usahakan menghapus bagian-bagian yang tidak perlu dalam reply tersebut, atau mengutip beberapa kata yang dianggap mewakili bagian yang hendak ditanggapi sehingga tidak terlalu banyak. Kemas tanggapan agar mudah dipahami.

  2. Sebisa mungkin hindari menjadi 'oneliner'

    One liner adalah sebutan untuk mereka yang suka sekali menanggapi suatu topik dengan kata-kata singkat yang sebenarnya tidak perlu di kirim dalam sebuah forum.
    Solusinya gunakan msn/yahoo messenger atau IRC room untuk melakukan pembicaraan intensif tentang topik khusus yang hendak didiskusikan (chating) sehingga tidak menjadi tanggapan pendek yang berulang-ulang.

  3. Ungkapkan pendapat dengan cara yang halus / sopan

    Saat mengungkapkan pendapat harus dengan cara yang halus dan sopan, jika tidak ada kemungkinan orang lain yang membaca akan tersinggung. Selain itu juga tidak boleh terlalu memaksakan pendapat kita.

  4. Meminta maaf dan bersikap terbuka

    Ketika terjadi kesalahpahaman atas suatu tulisan, lebih baik kita meminta maaf terhadap orang yang salah paham tersebut dan menulis apa yang sebenarnya dimaksud, sehingga tidak terjadi kesalahpahaman yang berlanjut. 

  5. Jangan menggunakan huruf kapital

    Seperti halnya membaca suratkabar, atau surat, membaca e-mail dengan banyak huruf kapital sangat tidak nyaman. Penggunaan huruf kapital dalam berinternet (chating dan mailing) sangat jelas artinya yaitu : Anda sedang berteriak-teriak (marah) atau tombol Caps lock anda perlu diperbaiki!.

  6. Gunakan Plain Text format

    Ada sebagian dari kita yang gemar sekali menggunakan format HTML dalam mailnya. seperti mengcopy habis seluruh isi web lalu di paste di mail. Bagi mereka yang program mailnya tidak support HTML. Mereka akan menerima blank mail atau mail dengan karakter yang tidak dapat dipahami. Apabila kita ingin menunjukkan content sebuah web cukup cantumkan URLnya saja.

  7. Gunakan Jalur Pribadi untuk pembicaraan personal

    Gunakanlah Japri (Jalur Pribadi) apabila pembicaraan mulai mengarah pada pembicaraan pribadi. Dan Jarum (Jalur Umum) bagi pembicaraan yang bersifat umum untuk diketahui banyak orang. Tidak sepantasnya apabila melakukan pembicaraan yang sifatnya pribadi di Jalur Umum yang memungkinkan orang lain dapat membaca isi pembicaraan tersebut.

  8. Pergunakan fasilitas attachment hanya untuk mengirim file yang sekiranya diperlukan dan disepakati bersama

    Sebelum mengirimkan attachment ada baiknya kita permisi dulu dengan anggota milis lainnya, apalagi attachment dengan ukuran yang cukup besar, apabila milis menghendakinya barulah layak dikirimkan. Kalau attachment kita tujukan kepada beberapa orang saja sebaiknya dilakukan via Japri sehingga yang lain tidak terganggu. Apabila file terlalu besar sebaiknya dikirimkan via Japri saja. Sebaiknya tidak mengirimkan file berextensi *.exe, *.vbs, *.pps, *.doc kecuali sudah teruji benar bebas virus atau hal-hal lain yang mengganggu termasuk ukurannya.

  9. Tidak memposting sesuatu yang sekiranya menimbulkan keresahan, ketidak-tenangan, perpecahan, atau tanggapan yang berkepanjangan (menimbulkan polemik)

    Seperti SARA, isyu, hinaan kepada pihak lain yang menimbulkan kebencian. Jauhkan hal-hal semacam ini, karena posting semacam ini hanya akan menimbulkan perpecahan atau ketidak nyamanan berkomunikasi antar anggota milis. Apabila menemukan posting semacam ini, maka hal terbaik yang kita harus lakukan adalah tidak membalasnya.

  10. Tidak menyimpang terlalu jauh dari topik diskusi

    Posting yang diluar konteks pembicaraan atau diluar topik yang berhubungan sebaiknya di sertai dengan notifikasi OOT (out of topics) sehingga penerima mail menjadi jelas bahwa posting ini memang sengaja dilakukan untuk tujuan tertentu. Hindari OOT terlalu jauh, dan menanggapi OOT yang terlalu jauh dari topik utama diskusi.

  11. Silakan beriklan tapi santun dan tidak mencari keuntungan sendiri

    Beriklan seperti memperkenalkan produk/barang/ jasa harus dilakukanlah dengan santun, dan sopan. Hindari posting-posting iklan yang hanya membawa keuntungan untuk diri sendiri seperti Arisan on-line, Tawaran jasa dengan URL refrensi (cenderung menjebak anggota lain untuk keuntungan pribadi).

  12. Cek selalu alamat tujuan reply mail

    Ada baiknya sebelum reply mail dikirim kita periksa tujuannya, secara umum reply akan langsung tertuju ke milis. Untuk keperluan-keperluan pribadi misalnya menjawab pertanyaan secara japri, menanggapi iklan dan posting lainnya yang sifatnya pribadi, pastikan kita tidak memposting replynya kembali ke milis.

  13. Pengunduran diri (Unsubcribe )

    Bila ingin mengundurkan diri dari mailing list ini sebaiknya memberitahukan kepada forum (seluruh anggota), sehingga rasa persaudaraan serta komunikasi tetap terjalin.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar